Wednesday, December 18, 2013

Pengalaman berbelanja di Ebay

Uh oh Pak Pos menyambangi meja kerja saya, tumben sekali Pak Pos ini diperbolehkan untuk masuk ruangan kami, padahal sebelumnya tidak ada satupun kurir tak terkecuali pos masuk dalam ruangan kerja kami.


"Eh mas, dapat paket nih?" kata Pak Pos memanggil saya dari pintu masuk

"Eh, paket apa pak?" jawab saya

"Nggak tahu, mas, kayaknya dari luar negeri, tadi kata pak satpam suruh nemuin mas aja soalnya ada biaya nih" jawab Pak Pos lagi.

"Oh iya pak, thanks" jawab saya sembari menandatangani tanda terima paket dan membayar uang sejumlah Rp 7.800,- seperti yang tertera pada kuitansi kepada beliau.


Saya mengamati paket ini, dan saya inget ternyata ini adalah paket "PreOrder" DVD/BLURAY/3D Superman yang dipesan oleh kawan saya melewati saya. Alhamdulillah datang juga setelah menungu kurang lebih 4 minggu (walau saya sempat cemas kalau-kalau barang ini tidak sampai karena sudah lebih dari 2 minggu).


Berbenja Online barang dari luar negeri
Sudah setengah tahun ini saya melakukan experimen membeli barang diluar negeri dan dalam setengah tahun ini saya sudah membeli 10 barang. Kesemuanya berasal dari ebay


Membeli barang dari ebay sebetulnya adalah hal yang mudah asalkan anda mempunyai Kartu Kredit ataupun Paypal. Nah Jika anda tidak mau menggunakan Kartu Kredit tidak ada salahnya menggunakan Paypal (sayapun menggunakannya). 

Pengalaman saya membeli di ebay adalah ketika saya membeli sebuah barang dari China, saya tertarik dengan sebuah PowerBank Mini 2600mH yang harganya lumayan murah (pada waktu itu) sebagai pendukung Smartphone Hisense H860 saya dengan harga 4 USD. Selang 3 minggu setelah saya memesan, barang ini datang dipacking dengan baik dan saya membayar biaya ke pak pos sebesar Rp 8.000-an setelah barang ini sampai ke tangan saya.


pengalaman_berbelanja_di_ebay  pengalaman_berbelanja_di_ebay


Berbekal pengalaman yang pertama, saya membeli barang lagi pas kebetulan ketika saya lagi kongkow dikampus, ketemu Pak Dekan yang sedang melakukan riset

"tahu nggak dimana saya bisa mendapatkan gas flowmeter?" tanya beliau

Saya Jawab saja "di-ebay banyak pak, tapi dari china" sahut saya

"harganya berapa?"  tanya dia lagi

saya membuka laptop dan menunjukkan gambar gambar dan membiarkan beliau memilih ,

"ini bagaimana?" katanya lagi

"bisa pak, harganya 18 USD free shipping" sahut saya,

"oke saya beli itu, saya beli dua, lalu berapa yang musti saya ganti?" tanya beliau

"cukup 380rb saja pak, sesuai dengan yang tertera disana" sambil menunjukkan nilai konversi dari dolar ke rupiah waktu itu.

"oke nih 400rb cukup kan?" sahut beliau sambil menyodorkan 4 buah lembaran uang ratusan ribu.

"wah kebanyakan nih pak" tolak saya

"gak papa, tolong pastikan saja kalau itu bakal sampai disini, soalnya saya sangat membutuhkannya.." sambil menepuk punggung saya.

"siapppppppppppp.....!!"

Kemudian saya mengklik tombol buy di ebay dan mengirim pesan kepada penjualnya mengenai detail dan kapan barang tersebut akan dikirim. dan penjualnya me-reply bahwa keesokan harinya barang tersebut dikirim sambil mengirimkan tracking numbernya.



Apakah barang yang saya pesan datang? jawabannya iya....barang datang setelah 16 hari namun kali ini saya tidak dikenakan biaya sepeserpun oleh pak pos :).

Ditipu 2x oleh penjual di e-bay.
Ternyata perjalanan saya bertransaksi di-ebay tidaklah semulus seperti yang anda bayangkan, kurang lebih 2x penjual tidak mengirimkan barangnya, kawan saya menemukan sebuah link di ebay dan meminta saya untuk membelinya.

seorang penjual asal israel menjual sebuah VGA dengan harga yang cukup murah, kawan saya tergiur ; karena selain murah reputasinya juga cukup baik (positive rating diatas 98%). 

Namun diluar dugaan 1 minggu setelah saya melakukan pembayaran ada 6 orang yang komplain dan kian hari semakin banyak dan ketika tiba giliran saya bertanya, tidak direspon dan akun orang ini tiba-tiba menghilang begitu saja. :(.

Yang kedua adalah ketika kawan saya meminta saya untuk membantunya membeli Mouse Razor dari china, harganya juga murah dan reputasinya bagus, namun lagi-lagi, penjualnya tidak merespon. parahnya trackin number yang diberikannya tidak valid ..!!!

Dispute (Pengembalian Uang oleh Paypal)
2x ditipu tapi uangnya kembali, percaya nggak?... tapi inilah yang terjadi dengan saya, ketika saya ditipu saya melakukan dispute ke pihak Paypal agar mengembalikan uang yang sudah saya keluarkan, dan ternyata benar-benar dikembalikan,,!!!! secara utuh,,!!! walau membutuhkan waktu selama seminggu bagi Paypal untuk menyetujui dispute saya. 




Sayapun mengembalikan uang ini kepada kawan saya, karena saya merasa bahwa ini bukanlah uang saya melainkan uang mereka, saya tidak berhak atas uang kegagalan transaksi. Mereka berterima kasih atas pengembalian ini dan ujung-ujungnya mereka memberikan 10% sebagai balas jasa :).

  1. Yang dapat saya simpulkan disini adalah, menurut saya berbelanja di ebay sangatlah aman, anda dapat melakukannya jika mempunyai Paypal, dan Paypal menurut saya sangat perduli dengan konsumen terutama pembeli. 
  2. Berhati-hatilah dengan penjual di-ebay, terkadang mereka mempunyai reputasi bagus dari menjual barang-barang yang nilainya kecil-kecil, dan ketika reputasinya sudah baik mereka menjual barang-barang yang nilainya besar; dari sinilah penipuan dimulai (ada yang dikirim ada yang tidak).
  3. Setelah melihat reputasi, usahakan membeli barang dari seller yang mau mengirimkan/mencantumkan "Trackin Number", sehingga kita bisa memonitor pergerakan barang yang kita beli.
  4. Sampai dengan detik ini saya belum berani untuk membeli barang yang harganya diatas 50 USD, selain karena akan terkena biaya lain-lain, saya hanya membantu teman-teman yang membutuhkan barang yang nilainya dibawah 50 USD, selain terjangkau kalau sampai di indonesia paling-paling hanya kena charge oleh Pos tidak lebih dari Rp 15.000,- (tergantung dari barang yang dipesan, perhitungannya tanya pak pos sajah.....).
  5. Bagi kawan-kawan yang membutuhkan bantuan untuk berbelanja di e-bay dengan nilai dibawah 50 USD dan kebetulan sedang tidak mempunyai uang dollar , silahkan dapat kontak saya di PinBB : 582F6CF7 atau whatsapp di o85-225-262-627. Sertakan link barang yang akan anda beli di ebay. Saya akan berusaha membantu semampu saya.
  6. Jika ada kawan-kawan yang menggunakan Jasa saya untuk membeli barang di e-bay, ternyata kemudian barang tidak dikirim karena alasan tertentu*, saya akan usahakan membantu mengkontak pihak Seller, Ebay dan Paypal, jika ternyata mengharuskan untuk dispute, maka saya akan mengusahakannya dan mengembalikan uang anda jika Paypal menyetujui dispute tersebut.
Updated 09/28/2014


pengalaman di Ebay





Updated 08/02/2015

- Sehubungan dengan tidak semua order mampu saya layani, ada baiknya jika anda mempunyai akun Ebay dan Akun Paypal sendiri, banyak tuturial Cara membuat Paypal dapat anda lewat googling dan saya menambahkan Cara membuat Paypal disini

Catatan Kaki :
"Hampir semua barang yang saya beli bukanlah barang yang akan dijual kembali, melainkan barang koleksi, hobi, alat penelitian ringan, serta barang untuk kepentingan personal"

BACA INFORMASI SELENGKAPNYA DI KANGARTHA BLOG

21 comments:

  1. Berarti sudah ada pengalaman berbelanja online ya mas kalau saya baru pertama kali belanja online disalah satu toko online terpercaya Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak juga mas, cuman bantu kawan-kawan saja, soalnya mereka tidak punya kartu kredit, kalaupun punya enggan menggunakannya, katanya takut... jadi pakai paypal juga lebih aman.

      Kebetulan saja barangnya ini ada diluar dan murah... :), thanks for visiting

      Delete
  2. Posting yg mencerahkan juga ada solusi disini..
    Makasih mas..
    Sklian sja sya pengen dibantu utk brblnja sdkit barang di ebay, krna nyari di Indonesia sprtinya gk nemu yg murah.
    Yg saya inginkan adlah sbuah DVR PCI. Sya sudah surfing di ebay, dn mndpatkan brang yg sya mau. Kbtulan ada lagi 2 barang yg saya tertarik dan dijual oleh pnjual yg sama. Sklian aja sya beli. Total hrganya USD41,38. Sya jga sudah mmbuat akun Paypal satu bulan yg lalu dg tipe akun Primer, sttus Unverified, krn mmg gk pnya CC ato VCC.
    Jika mmang bisa mmbantu ini link barang yg sya maksud.
    1. http://www.ebay.com/itm/110967944551
    2. http://www.ebay.com/itm/110944401751
    3. http://www.ebay.com/itm/110945620381
    -------------
    Sya tnggu balasanya mas..
    Oia, sya gk ada BB, tp ada nmr HP yg bisa di hbungi 085646715444.
    --------------
    Terima kasih perhatianya.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketiga barang tersebut kayaknya bisa dibeli, suruh nunggu 3 minggu

      Delete
  3. Hi mas , trims sudah berkunjung, coba nanti saya cek, dengan mengkontak sellernya

    ReplyDelete
  4. saya membeli dua buah jam tangan tapi udh 30 hari, barang saya belum sampai juga bagaimana tuh mas.. apa saya harus menunggu lagi.. dan bagaimana mengembalikan dananya. uang saya kira kira 12 dolar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Irfan Yang baik, hal pertama yang anda lakukan adalah silahkan kontak sellernya, kemudian tanyakan keberadaan barang tersebut, mungkin tanyakan trackin numbernya.

      Kalau dia kasih trackin numbernya, bisa dilacak kok, setelah itu kalau memang barang tidak sampai, mintalah untuk mengembalikan uang yang anda bayarkan (biasanya mereka mau). Saya mengalami hal yang sama seperti anda pada bulan ini, dan seller (china) mengembalikan uang yang saya bayarkan lewat PAYPAL. Dia beralasan bahwa bisa jadi ada gangguan karena selama 2 minggu seller saya libur panjang merayakan imlek.. :(, dia meminta untuk mengirimkan barang lagi sebagai ganti tapi saya ngotot uang saya dikembalikan.

      Kalau seller tidak menjawab respon anda, silahkan lakukan DISPUTE . Tombol ini ada di akun transaksi PAYPAL, disana anda bisa mengemukakan alasan DISPUTE.

      Tinggal nunggu Jawaban dari Paypal deh, biarkan mereka bekerja memverifikasi komplain anda. Kalau disetujui uang anda akan kembali ke akun Paypal anda.

      Regards

      Delete
  5. Selamat sore mas.. senangnya bisa ketemu blognya mas ini.. saya ingin berbelanja di ebay, namun masih bingung dan takut apakah barang akan sampai atau tidak.. klu melalui bantuannya mas bisa tidak? Saya coba add pin bbnya ya.. terimakasih banyak sebelumnya..

    ReplyDelete
  6. Selamat siang mas. Mas kalau untuk mendapatkan tracking number, minimal kita harus bertransaksi berapa ya mas? Sebelumnya terima kasih.

    ReplyDelete
  7. Biasanya saya minta ke sellernya, ada juga yang nggak pake tracking number, untuk amannya sebelum beli coba tanya apakah bisa diberikan tracking numbernya?

    ReplyDelete
  8. wow luar biasa... mencerahkan... saya mau add pin nya juga ya. untuk tanya tanya. thank's

    ReplyDelete
  9. Aku pengguna baru ebay, kmren aku beli barang yg free shipping, nah free shipping itu pake economy intl shipping. Itu ditanya track numbernya bisa yaa? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa economy int shipping itu setara dengan pos indonesia, jadi kalo mereka nanti kirim ke indo yang ngirimin pak pos :), sebelum beli tanya dulu ama sellernya , ada tracking numbernya nggak ada yang pakai ada yang tidak.

      Delete
  10. sip kak,
    saya juga sudah beli berkali kali di ebay dan lancar aja tuh, rata rata beli mainan untuk anak, cuman 1 kali aja dapet barang yang gak bagus, carger engkol yang gak berfungsi, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya, saya satu kali kena barang ndak bagus juga, untung saja yang saya bantuin nggak marah karena yang milih link kan dia sendiri.. :), tapi alhamdulillah masih bisa dipakai katanya.

      Delete
  11. Hello para community,

    Saya ingin berbagi pengalaman berbelanja di Ebay dengan nama penjualnya "Impperion Inc" dimana toko tersebut lokasinya di USA, ini pengalaman yang paling pahit dimana cincin yang diiklankan ada sertifikatnya yang kemudian saya beli sangat berbeda dengan aslinya, otomatis saya complain dan saya kirim kembali kepada penjualnya melalui EMS dengan 2 bungkus paket ( sertifikat & cincin ) karena ukuran sertifikatnya lumayan panjang, yang sangat mengherankan adalah paket untuk sertifikatnya diterima dengan baik ( hanya 4 hari sampai negara tujuan ), akan tetapi paket untuk cincinnya dinyatakan "alamat tidak jelas" padahal dengan jelas-jelas saya cantumkan juga nomor telepon tokonya dan yang paling mengherankan paket tersebut direject dan dikirim kembali kepada saya, si penjual sudah beberapa kali saya kirim email pemberitahuannya tetapi dengan sengajanya tidak merespon email tersebut, hanya setelah paket tersebut diterima kembali oleh saya, baru mereka jawab emailnya kalau mereka tidak bisa melacak pengiriman tersebut, coba community bisa membayangkan bagaimana dengan sengajanya si toko tersebut berusaha menghindar agar mereka tidak perlu refund kembali uang saya, bagaimana dengan sertifikat original yang sudah ditangan mereka, tidak ada update email setelah itu dan yang paling mengherankan lagi, seiring waktu saya kirim complain ke Ebay kebagian resolution center, dengan gampangnya si customer service bilang, hasil penyelidikan mereka menyatakan bahwa kesalahan tersebut muncul karena alamat tidak lengkap dan kasusnya dinyatakan ditutup tanpa solusi. Kok bisa, 1 paket untuk original sertifikatnya diterima dengan baik dan paketnya lainnya ditolak dan dikembalikan kenegara asal.

    Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk para community karena dengan sangat jelas Ebay akan selalu proteksi para penjualnya dan ingat, berhati-hati dengan penjual yang nama tokonya " IMPERRION" orang bule selalu egois dan jangan terjebak dengan feedback 100% untuk toko-toko di Ebay karena sudah beberapa kali belanja tetapi produknya jelek dan saya kirim kembali ketoko tersebut dan penjualnya memelas meminta kita leave feedback yang positif, tidak ada jaminan yang pasti berbelanja di EBAY.

    ReplyDelete
  12. saya ingin belanja di ebay tapi gak punya kartu kredit

    ReplyDelete
  13. pengalamannya sungguh berharga buat yang lain, kalau mau belanja di luar negeri dengan aman tanpa kartu kredit bisa menggunakan jasa bayar seperti https://jasaorder.net/ bisa dibantu belanja dari mana saja asal bisa kirim ke indonesia dan menerima paypal atau kartu kredit

    ReplyDelete
  14. Beli barang 10 rebuan kena beban bea cukai 7000 gak tuh??

    Coz beban tuh berasal dari bungkus ulang, kesel mereka yg robek, kita yg ganti biayanya kan kampret!!!

    ReplyDelete

Para Pembaca yang baik, mohon meninggalkan pesan agar saya dapat mengunjungi anda balik,

Followers