Monday, September 29, 2014

Pengalaman berbelanja di Ebay (IC Charging)

Makin hari makin banyak saja yang meminta bantuan saya untuk membelikan barang di ebay, kebanyakan dari mereka adalah yang kurang begitu menguasai bahasa inggris, tidak mempunyai Credit Card ataupun Kredit Paypal. Dalam seminggu saya bisa mendapatkan 6-10 orang yang ingin dibelikan barang diebay, namun apa daya saya hanya bisa membantu 3 orang saja dalam seminggu karena ternyata ribet juga ngurusin beberapa kawan kawan yang kadang barangnya delay.

2 Minggu yang lalu seorang kawan mengeluhkan tentang sukarnya onderdil smartphone yang sering dia reparasi, dikarenakan onderdil atau sparepart yang dia butuhkan "nyaris" tidak dia dapatkan di indonesia. 



Dia mencari Charging IC Charger 358S untuk samsung Galaxy Mega 5.8 i9152 T211 yang saya sendiri tidak mengerti bagaimana bentuk aslinya, namun dia menunjukkan sebuah link dan meminta bantuan untuk membelikannya.

Kawan saya ini ternyata cukup jeli juga, dia mencari seller yang reputasinya bagus dengan positif rating yang tinggi dan nyaris tidak ada negatif rating dalam 3 bulan terakhir. Akhirnya saya mengkontak seller tersebut dan ternyata fast response, dia bilang available dan siap mengirimkan setelah payment diterima selambat lambatnya 2 hari.

Harganya ternyata tidak begitu mahal , berkisar 200ribuan (setelah dikonversi ke rupiah). Dan setelah menyepakati harga, dia mentrasfer jumlah harga yang disepakati pada tanggal 12 September 2014. Kemudian saya membelikannya dan memforward kuitansi dari ebay atas pembelian barang tersebut.

Oh iya, kali ini berbeda dengan biasanya, barang pesanannya dikirimkan ke alamat saya dahulu untuk kemudian saya forwad ke dia. Hal ini saya lakukan karena sebelumnya dia pernah beli diebay menggunakan jasa saya namun "katanya" barang tidak sampai sehingga saya mengembalikan uangnya (tentu saja setelah paypal juga bersedia mengganti uang saya dan setelah berargumen panjang dengan ebay seller yang mengaku telah benar-benar mengirimkannya, dan katanya biang masalahnya ada di indonesia shipment). 

Oke dan itu masa lalu, saya juga tidak terlalu memikirkannya, dan dia juga nggak kapok beli diebay (mungkin karena dia butuh he he...). Baginya hal ini tidak masalah yang penting barang bisa didatangkan ke alamat dia sebelum pertengahan oktober.

Dalam kutipannya barang diterima 2-4 minggu dari tanggal pengiriman, pengirimannya dia lakukan pada 13 september 2014 (ini terlihat dari data yang dia kirimkan beserta tracking number).

Setelah menunggu ternyata benar,,, barang datang pada tanggal 28 September 2014 pagi, bentuknya tipis sampai sampai saya bertanya kepada pak pos, "lho kok tipis pak, kayak kagak ada isinya?"

pak pos menjawab, "ya gak tahu mas, ya itu barangnya"...


Setelah saya buka ternyata barangnya memang sangat kecil kemungkinan berukuran 4ml x 2 cm dan sangat tipis, (lihat gambar bagian bawah yang berwarna hitam dalam plastik). Dan yang lebih unik lagi saya heran tumben kok saya nggak kena charge post ya? apa karena barangnya yang keciiil?



4 comments:

Para Pembaca yang baik, mohon meninggalkan pesan agar saya dapat mengunjungi anda balik,

Followers