Sunday, October 4, 2015

Konversi Dollar ke Rupiah Via Paypal

Bagi Pebisnis Online , Paypal adalah salah satu tool yang sering dipakai untuk menerima pembayaran selain Escrow (biasanya untuk pembayaran yang besar), Payooner dan BitCoin. Saya sendiri memakai Escrow dan Paypal; namun seringnya paypal adalah payment service yang sering saya pakai untuk menerima pembayaran terutama mata uang Dollar dan Poundsterling. Dollar adalah yang paling sering, mulai dari yang angkanya cuman 50 USD sampai dengan yang mencapai 2000 USD. Hampir tiap minggu saya mencairkan hasil payment dolar kedalam bentuk rupiah yang berasal dari beberapa klien luar yang sering memakai jasa saya terutama dalam maintenance situs dan membuat web.

Minimum Penarikan/Withdrawl Paypal

Paypal sebenarnya membolehkan kita untuk mencairkan/withdrawl/penarikan dollar yang kita dapat melalui transaksi ataupun personal payment, berapapun nilainya!!! Entah itu nilainya cuman 5 ataupun 10 dolar  :-D . Akan tetapi jika kita mencairkan paypal dengan jumlah yang minim seperti yang sudah saya sebutkan tadi maka kita sendiri sebenarnya yang rugi, karena potongannya dahsyat abis!!!.  Sebagai gambaran saja, misalnya anda mempunyai 10 dolar dan kemudian ingin anda konversi maka anda akan dikenai charge Rp 16.000,- (lihat gambar dibawah).
pemotongan Rp 16.000,- jika penarikan dibawah 1,5 Juta
kang-paypal-sepuluh-USD
Gambar diatas adalah screenshot yang saya ambil dari akun saya (bahasa indonesia); disana dijelaskan bahwa jika kita menarik dana kita dibawah Rp 1.500.000,- maka akan selalu dikenai potongan sebesar Rp 16.000,- ini berarti bahwa agar anda terhindar dari potongan ini maka yang harus anda lakukan adalah menunggu sampai dolar di paypal terkumpul sekitar 106 USD dengan asumsi TUKAR DOLAR PAYPAL adalah Rp 14.232,-.


Nilai Tukar Dollar Paypal

Sejatinya semua nilai tukar Dollar ke Rupiah di bank nasional (BNI, BCA, mandiri, Niaga, BRI dll) kurang lebih hampir sama, kalaupun berbeda selisihnya tidak begitu besar masih dibawah puluhan. Namun jika kita withdrawl kredit Paypal ke rupiah maka nilai tukarnya agak berbeda diangka ratusan (atau bisa jadi dihitung menggunakan persen). Misalnya saja dari screenshot saya diatas terlihat bahwa nilai tukar 1 dollar di Paypal adalah setara dengan Rp 14.232,6. dan ketika saya cek di Bank BNI (saya memakai acuan ini karena bank tempat saya menampung hasil withdrawl ini salah satunya adalah BNI).

Ada perbedaan ternyata, setelah saya cek pada hari yang sama Kurs Dollarnya adalah 14.575,-. Dengan kata lain ada perbedaan sekitar Rp 350,- an perak untuk tiap dollarnya!!!!. dan dari sinilah mungkin Paypal mendapat keuntungan dari service yang berikannya kepada kita.


bni-tukar-dolar

Dan dengan alasan inilah kenapa banyak sekali yang para penjual Paypal yang berkeliaran didunia maya yang menebarkan jasa penukaran Paypal dengan menggunakan Rate Kurl Jual  :-D , lebih untuk dijual daripada di withdrawl. Biasanya yang butuh kredit Paypal adalah orang-orang yang ingin membeli barang Via Ebay.

Kapan Sebaiknya kita Withdrawl Dollar Paypal ?

Kalau saya sendiri hampir tiap minggunya selalu withdrawl; Hal ini dikarenakan ada 2 orang Partner yang bekerjasama dengan saya dimana saya membayarnya mingguan. Tentu saja dengan catatan bahwa nilai konversinya harus diatas Rp 1.500.000,-. ..

Kelanjutannya bisa dibaca disini >> 

No comments:

Post a Comment

Para Pembaca yang baik, mohon meninggalkan pesan agar saya dapat mengunjungi anda balik,

Followers