Thursday, September 24, 2015

Cara Efektif Menghentikan SPAM Email

Entahlah, mungkin ada 20-50 email yang tidak saya harapkan selalu saja masuk ke email saya. Oh iya saya lupa, email yang saya gunakan adalah domain email yang saya buat sendiri, bukan gmail, yahoo ataupun Outlook. Kalau untuk Gmail, Yahoo ataupun Outlook tidak perlu ditanyakan lagi, didalam email-email tersebut sudah ada box spamnya, sehingga semua SPAM email terkumpul menjadi satu sehingga tidak mengganggu email reguler yang saya terima dari klien maupun dari kawan-kawan saya. Namun sangat beda sekali ketika saya menggunakan custom email domain saya sendiri ; saya mendapatkan email yang cukup banyak terlebih ketika website saya ini mulai merangkak naik traffiknya. 


Saya jelas mengetahui bahwa Email ini termasuk kategori SPAM email karena berisi promo-promo bahkan ajakan dating :mrgreen: , ada yang mengirimkan link-link aneh juga mulai dari link porno, link judi, link poker bahkan email-email dari orang-orang asing (biasanya dari afrika dan sekitarnya) yang meminta bantuan agar membantunya mengeluarkan uangnya dari negaranya tersebut (jebakan betmen). Ada juga yang akhir-akhir ini emailnya hurufnya china semua, yang isinya saya juga nggak begitu ngartii. 

Mencegah Email SPAM 

Mencegah sebuah sebuah email datang kepada kita sebenarnya adalah sesuatu yang mustahil, terkecuali jika email tersebut dioperasikan oleh orang; jadi kita tinggal email balik jangan diirimi Spam lagi deeehhh..., tapi kebanyakan email SPAM itu dilakukan pleh mesin jadi akan sia-sia saja. Hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah memblokirnya. Ketika email itu datang tinggal di set ke spam box saja; jadi kita tidak dikirimi lagi. Permasalahannya adalah yang kirim itu kan mesin, kalau satu diblokir dia akan mengirim lagi dengan alamat yang lain. Sampai kapan kita akan terus melakukannya? Sehingga seharusnya ada cara yang lain yang dapat kita lakukan selain mendelet atau memblokir email spam satu persatu. 

Seminggu yang lalu , tanpa sengaja seorang klien saya meminta bantuan untuk meng-create ratusan email untuk 200 domain yang dikelolanya; permintaan cukup sederhana membuatkan email spam@namadomain.com , abuse@namadomain.com dan postmaster@namadomain.com. Sebagai catatan semua situs domain tersebut menggunakan CPanel. Usut punya usut ternyata salah satu fungsi pembuatan email tersebut adalah untuk memblokir spam..!!!; benarkah? . Untuk membuktikannya saya mencobanya sendiri pada 50 domain klien yang saya kelola dan hasilnya... ternyata memang benar!!!, Spam yang dulunya cukup deras saya terima, sekarang tidak ada lagi, menghentikan SPAM email dapat dilakukan dengan cara tersebut. Jangan tanya saya bagaimana cara kerjanya karena saya sendiri juga tidak paham secara teknisnya. Tapi yang jelas sampai dengan detik ini ; 2 bulan ini kurang lebih ada sekitar 10 klian yang saya handle menyatakan bahwa tidak lagi menerima email spam aneh aneh lagi :-) .

3 comments:

Para Pembaca yang baik, mohon meninggalkan pesan agar saya dapat mengunjungi anda balik,

Followers