Wednesday, October 3, 2012

Soal ujian pilihan janda (baca : ganda)

Nilai 40
Mungkin nilai yang tertera diatas, sangatlah buruk, bahkan sangat buruk. Mungkin ini adalah sebab karena saya tidak belajar. Nilai ini saya dapat 4 hari yang lalu ketika saya mengikuti kegiatan matrikulasi strata 2 di sebuah perguruan tinggi negeri. 

Kala itu saya masuk lebih awal dan pak dosen bilang hari ini kami ujian..."apaaaaaaa...... ujian?, lho pak kok tidak ada pemberitahuan sebelumnya?" saya terkejut mendengarnya apa saya yang lupa ya?

"saya, ngasih tahunya kemaren, kamu aja yang tidak masuk" jawabnya.

lemes rasanya, belum belajar langsung disodori soal jumlahnya 25 dan pilihan janda (baca : pilihan ganda)..!!!

"soal macam apa ini?" batin saya

ternyata sang dosen termasuk dosen yang suka membuat soal unik dan bukan fokus pada hitung-hitungan, lebih ke pemahaman, kalau saya teliti lagi soal-soal ini mirip soal olimpiade..!!!

pelan-pelan saya mengerjakannya, ada beberapa yang saya pahami namun tidak sedikit yang saya tidak mampu mengerjakannya (but thanks god, soalnya pilihan ganda, jadi bisa sedikit gambling sambil ngitung kancing).

Selang setelahnya pak dosen memberikan hasil evaluasi dan seperti yang anda lihat, saya mendapatkan nilai 40, ini berarti dari 25 soal saya hanya mampu mengerjakan 13 soal.

Puas? ah jelas nggak... namun kaget juga ketika melihat hasil kawan-kawan yang lain yang kurang mujur dibanding saya (ada yang dapat nilai 24 walau mereka sudah tahu kalau hari itu ada ujian).

"Itu ya nilai kalian, nah soalnya silahkan dibawa pulang, dipelajari ya, cari jawaban yang benar...besok dikumpulin " terang dosen saya.

Esoknya saya berangkat dan mengumpulkan jawaban tersebut, namun aneh kok teman-teman hanya mengumpulkan jawabannya saja? dimana hanya jawaban A, B, C, D, E nya saja, sedangkan saya malah mengerjakan 4 folio penuh beserta analisanya.... hadeeeh, teman-teman mentertawakan saya dan bilang "makanya kalau dosen ngasih instruksi didengerin.."

pak dosen masuk menyapa kami, kemudian bilang "hari ini ujian yang kedua ya, melanjutkan yang kemaren" nyelonong masuk langsung bagi soal.

"apaaaaa???? ujian lagiiii? kok saya ndak tahu?, memangnya kapan ngasih tahunya pak?" protes saya yang sama sekali lupa kalau ada jadwal ujian

"ya 2 hari lalu, kan saya ngasih tahu, kalau 2 hari berturut-turut akan ada ujian, hari pertama pilihan ganda dan hari kedua eisai..kamu aja yang nggak masuk" bantahnya

"Oh my god, apes, apes,,, mana duduknya di depan dosen pas...!!!!" batin saya menggerutu 

"setelah menerima soalnya, saya terbelalak, lhah kok......" selang 30 menit saya maju kedepan dan bilang sudah selesai.....

sembari menerima lembar jawab pak dosen bilang "gud.. gud, tumben penyakit lupamu gak kambuh" sambil tersenyum aneh

yah saya cuman nyengir ajah....

ternyata soalnya sangat mudah (bagi saya), dimana soal-soal ini ada sedikit korelasi dengan soal-soal pilihan ganda sehari sebelumnya, yang memang setelah itu saya mencoba mencari-cari referensi untuk mengerjakannya dan menemukan jawaban-jawaban rumit baik dalam perhitungan ataupun pemahaman. Mau tahu referensi saya? lihat gambar dibawah ya...

Buku referensi

Note :
walau buku ini telah banyak bantu saya dihari lalu, namun pagi ini saya memutuskan untuk menjualnya (sudah tidak relefan dengan apa yang akan saya pelajari untuk dua tahun kedepan, jadi buku ini saya jual agar saya bisa membeli buku yang levelnya lebih tinggi), pasti bagi orang lain akan bermanfaat ada yang minat?




16 comments:

  1. benar-benar unik dan menarik cara dosennya memberikan ujian,
    terkadang memang mahasiswa merasa malas untuk mengulangi apa yang sudah didapat sebelumnya, termasuk soal-soal ujian,
    tapi apa benar buku-bukunya sudah tidak relevan lagi, kalau menurut saya sich pengetahuan yang kita peroleh pada hari ini ,,masih sangat relevan dengan pengetahuan di masa depan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. relevan sih masih, cuman ini buku buku tingkatan dasar, dan untuk menunjang studi harus beli buku buku tingkatan diatasnya yang lumayan harganya mahallllllllllll, dan saya tidak sanggup untuk membelinya terkecuali jika saya menjual buku buku yang lama

      Delete
    2. kalau itu alasannya jadi dimaklumi dech...semoga sukses selalu ya :)

      Delete
  2. waduh, kasihan banget kang artha

    lain kali jgn lupa terus mas, nanti dapet nilai telur trus dijewer ibu guru lho, hehe

    ReplyDelete
  3. Belum rejeki buat dapet nilai seratus Kang.. Hehehe..

    ReplyDelete
  4. hari ini ujian lagi..... kok bisa? saya sudah kasih tahu kemarin.. kamunya saja yang tidak masuk.... suka nih sama yang ini....

    jadi akhirnya dapat nilai berapa sih...

    ReplyDelete
  5. dpt berapa yg ujian kedua? #kepo :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah bu dapat A, ngalahin yang lain, mereka dapetnya maksimum cuman B, gak nyangka sesuatu gitu

      Delete
  6. Hampir saya salah komentar, untung tidaklah salah membaca, dan membaca secara keseluruhan, selamat atas nilai A-nya

    ReplyDelete
  7. selamat ya atas nilai bagusnya

    ReplyDelete
  8. kirain soalnya sama dengan yang kemaren jadi kamu langsung ngumpulin gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda, tapi disoal itu ada dasar-dsarnya, jadi pengembangan soalnya mudah dikerjakan

      Delete

Para Pembaca yang baik, mohon meninggalkan pesan agar saya dapat mengunjungi anda balik,

Followers