Thursday, August 30, 2012

Saya dan Nokia N97

Melihat judulnya, komentar pertamax yang akan muncul adalah.... "pameeerrrrrrrr....." ha ha. Iya saya memang pemakai gadget yang satu ini; dikesempatan ini saya bukan bermaksud pamer namun saya bermaksud untuk menulis opini review N97 yang telah menemani saya selama 3 tahun sebelum bermaksud untuk mem-"pensiun"-kannya. review ini saya tulis untuk membantu anda yang memang berkeinginan memakai gadget ini dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Tentang kelebihan dari smartphone ini anda dapat dengan mudah mendapatkan via googling, space besar, awet, desain unik, tahan banting, HSDPA, Camera 5MP, WLan dan untuk beberapa aplikasi symbian s60v5 smartphone ini running well.

Selama 3 tahun saya memakainya saya merasa puas, namun seiring dengan tuntutan pekerjaan yang membutuhkan performa lebih tinggi dan keluwesan, sayapun musti mengakhiri untuk tidak lagi menggunakannya; Pengalaman memakai N97 akan coba saya utarakan;


- SLIDELOCK; apabila anda pemakai Nokia N97 yang pemakaiannya sering untuk keperluan menelepon, maka bisa saya pastikan SlideLock (slider pembuka disebelah kiri samping) akan copot atau patah..!!, kalau SlideLock-nya patah terus cara membuka unlock N97-nya gimana? masak harus buka tutup slide-keyboardnya?. Sebenarnya hal ini sudah tidak masalah bagi saya karena sejak SlideLock-nya patah saya memakai app tambahan bernama "SlideUnlock" yang mampu membuka tutup secara otomatis melalui sistem TouchSlide (mirip seperti Iphone)

- SMS LOCATION; N97 dilengkapi dengan SMS setting yang mampu diatur storage location-nya. Saya merekomendasi pindahlah ke drive E. Jangan ke drive F (MMC tambahan), karena jika anda memindahkan ke drive F maka bila baterei anda dalam kondisi low, maka Smartphone akan langsung akan mati dan sukar hidup lagi, anda musti mencharge-nya dulu agar N97 ini dapat hidup kembali. Kemudian problem lain juga akan muncul; jika anda memindahkan storage location-nya ke drive E, dan anda sedang mencahrge dalam kondisi hidup, dan saat ada SMS masuk maka  storage location akan secara otomatis berpindah ke C..lho kok?

- SPACE; Smartphone yang satu ini sebenarnya mempunyai space internal yang cukup besar sekitar 32Giga, namun sayang sekali untuk sistem C-nya memiliki space yang tak mampu mengimbangi kinerja saya yang sekarang mulai menginstal-install app tambahan (beberapa applikasi tidak dapat diinstall di drive E misalnya whattapp dan wifiremoter). 

- KECEPATAN; saya adalah orang yang kadang suka menjalankan aplikasi yang bersamaan, untuk mengetahui seberapa kuat ketahanan gadget saya, dan ternyata smartphone ini melambat misalnya aplikasi fring (standby), accuwheather dan whatsapp (standby) berjalan bersamaan ditambah saya juga suka mendengarkan lagu, dan aplikasi SMS saya menggunakan iSMS, nah lho... silahkan dicoba, akan sangat lelet sekali. 

- APP; Kalau yang ini ada beberapa aplikasi  symbian s60v5  mungkin dapat running well, tapi perkembangan app dengan grafis tinggi membuat saya musti menyerah untuk memakai N97, sebagai contoh saya mengontrol PC dari jarak jauh menggunakan smartphone untuk transfer data, memakai symbian s60v5 ternyata memang bisa jika kita mengggunakan RDM+, tapi tidak se-fleksibel menggunakan TeamViewer; TeamViewer baru mendukung OS Android dan iPhone.

Nah itu hanya sebagian sharing pengalaman N97 yang saya bisa ceritakan kepada anda; semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang ingin membeli atau memakai smartphone ini; overall smartphone ini bagus segala kelemahannya sebenarnya dapat ditutup dengan instalasi app tambahan (ada yang bayar dan free), namun pertanyaannya adalah kalau space sistem terbatas, bagaimana bisa kita menginstalasi?

Catatan :
Space C sebenarnya cukup besar 75M, namun jika beli baru space kosongnya 30-40 M dan setelah selesai update OviStore dan app standar maka space-nya akan tersisa 7-10M, kalau ingin ditambah aplikasi whatssapp maka sisa space C tersisa 2M, nah kalau sampai anda lupa memindahkan storage SMS dan C akhirnya full, maka N97 akan rusak hang, anda harus menhapus file-file melalui koneksi PC.

9 comments:

  1. canggih... pasti mahal harganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ndak mas, dulu waktu pertama launch harga diatas 5 sekarang diwawah 2 :(

      Delete
  2. Replies
    1. Ntar saya tanya istri saya mau nggak dia pinjemin ha ha

      Delete
  3. kira2 ada yg mau ngasih ke saya gak ya.. :D

    ReplyDelete
  4. Berbagi kata kata motivasi mas broo,
    Jangan hiraukan mereka yg berusaha menjatuhkanmu, mereka melakukan itu karena mereka telah berada di bawahmu.
    semoga bermanfaat salam kenal dan sukses selalu ya :D

    ReplyDelete
  5. nokia yang keren buat seseorang....
    yang keren....

    komentarin artikel ini ...

    www.timkomte.com/2012/09/traffic-pengunjung-rumahku-turun.html

    ReplyDelete

Para Pembaca yang baik, mohon meninggalkan pesan agar saya dapat mengunjungi anda balik,

Followers