Monday, December 14, 2009

Kesulitan yang Terselip diantara Kemudahan

Pernahkah anda mendengar petuah bijak yang berbunyi "Disetiap Kesulitan pasti ada Kemudahan"?. Saya yakin ketika anda mengalami kesulitan ,seorang kawan yang baik biasanya melontarkan kalimat ini...Nah hal inilah yang membuat hampir semua manusia lebih optimis dalam menghadapi kesulitan hidup. karena kalimat itu adalah presentasi dari Janji Tuhan, dan tuhan tidak bohong....coba ingat-ingat lagi ketika anda telah menyelesaikan persoalan atau kesulitan; tidak dipungkiri kesulitan yang telah mampu kita selesaikan bukanlah hal yang sulit lagi kan?.

3 tahun lalu saya pernah bekerja dalam perusahaan besar yang mengharuskan karyawannya harus ahli. Dengan keahlian yang terbilang pas-pasan sebagai fresh graduate , ternyata keberuntungan ada dipihak saya, saya diterima di perusahaan itu. Meskipun sudah ditraining, ternyata training yang singkat tidaklah membuat saya menjadi ahli dalam waktu singkat!!!; pekerjaan saya tidak semulus seperti layaknya teori dimasa training itu. Banyak hambatan yang saya hadapi, saya temui banyak kesulitan yang disebabkan karena saya belum pernah menghandel pekerjaan macam ini sehingga mengharuskan harus tanya sana sini, mencari data, berfikir keras mencari solusi untuk memenuhi target dsb.

Namun walau demikian saya punya dugaan "sesuatu yang sulit bukanlah hal yang tidak bisa dikerjakan, sulit itu berarti PASTI bisa dikerjakan". dan ternyata dugaan saya benar...kesulitan itu berangsur-angsur lenyap seiring dengan kemudahan fasilitas yang diberikan perusahaan, kemudahan dalam bertanya dengan kawan kerja dan kemudahan dalam menjalankan ide yang akhirnya seakan-akan membuat KESULITAN itu akhirnya mau berteman dengan saya dan tidak lagi MENYULITKAN saya!!!!


"Disetiap Kesulitan pasti ada Kemudahan"; Tapi itu kan hanya berlaku bagi yang 'SUDAH LEPAS DARI KESULITAN', terus bagaimana dengan yang 'BELUM LEPAS'?...bisa jadi belum WAKTUNYA LEPAS jadi harus melipatkan KESABARAN; atau bisa jadi lho TUHAN itu sebenarnya memberikan Kemudahan dengan sedikit menyelipkan KESULITAN!!! hanya saja kita sebagai Manusia seperti kurang menyadarinya; dan sekalinya sadar, eeee malah menjulukinya PELUANG!!


Dan kalau dipikir-pikir diterimanya saya dalam perusahaan tersebut adalah bentuk KEMUDAHAN TUHAN,sedangkan kesulitan yang ada didalamnya adalah KUNCI untuk mengarungi KEMUDAHAN itu.

Catatan Kaki :
PELUANG bukanlah KESULITAN, melainkan merupakan suatu KEMUDAHAN TUHAN; bumbu kesulitan yang terselip diantaranya adalah kunci agar kita sebagai manusia siap melewati KEMUDAHAN itu.

(( This articles submited for Blackinnovationawards & Black Community Contest ))

14 comments:

  1. yup betul..didalam kesulitan pasti ada jalan keluarnya...yg terpenting kita harus jeli menghadapi kesulitan yg kita hadapi,plus dibarengi dengan kesabaran...manusia tidak akan bisa maju kalau tidak mengalami atau menghadapi kesulitan.

    sebenarnya kesulitan itu adalah guru kita ^_^

    ReplyDelete
  2. Satu tahun sudah berlalu dan entah berapa banyak dosa yang aku tumpuk atau entah berapa banyak pahala yang aku dapat.. tak bisa kuhitung-hitung karena hanya sang Khalik yang mengetahuinya, hanya ada satu do’a yang aku selalu panjatkan padaNya, “Ya Rabb, berilah hamba kesempatan dan bimbinganMu untuk bisa menjalani tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya dan berilah hamba tambahan usia yang barokah.. amien”

    Selamat Tahun Baru Islam 1 Muhharam 1431 Hijriyah

    ReplyDelete
  3. “sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” (QS Alam Nasyrah ayat 6)

    ReplyDelete
  4. termasuk sulit melupakan masa lalu./...itu bukanlah hal yng mudah..tapi bisa dilalui.....dikit demi sedikit..kenangan itu akan gugus oleh waktu..

    ReplyDelete
  5. Hidup itu penuh pengorbanan...ada sulit ada mudah....mudah2an Alloh senantiasa memberi kemudahan bagi hamba-Nya yang taat, Amin, nice post sob....

    ReplyDelete
  6. kesulitan tidak akan lepas, kalo kita tidak mengatasinya secara langsung dan yang penting usaha dan sabar

    ReplyDelete
  7. Nice...
    Postingan yang menarik
    Membuat akan kembali lagi
    salam www.bimbinganmu.blogspot.com

    ReplyDelete
  8. Permisi, saling kunjung ya di blog BUJANG RIAU....
    http://www.darma-saputra.co.cc/, di tunggu ya kedatangan sobat bloger setanah air, salam kenal

    ReplyDelete
  9. oh itu udah pasti..di dalam al Quran pun telah di terangkan..setiap kesulitan pasti ada kemudahan..jadi buat apa di bikin susah hidup ini..

    ReplyDelete
  10. hmhm..
    dapat pencerahan baru lagi nih...

    ReplyDelete
  11. selalu memberikan falsafah hidup yang bernilai....keep the spirit on

    ReplyDelete
  12. ya...
    kesulitan adalah peluang menciptakan sebuah kesuksesan :)

    ReplyDelete
  13. ya...
    kesulitan adalah peluang menciptakan sebuah kesuksesan :)

    ReplyDelete

Para Pembaca yang baik, mohon meninggalkan pesan agar saya dapat mengunjungi anda balik,

Followers