Tuesday, November 10, 2009

Seberapa Kuat kita mampu melipat IMAN?

Sore itu pandangan saya tertuju pada anak yang berumur kira-kira 8 tahun disebuah TOKO BUKU, saya begitu tertarik dengan anak ini dari caranya membaca buku. Dia tampak serius membaca sebuah buku berjudul "ORIGAMI". Sejauh yang saya tahu Origami adalah seni melipat kertas yang paling unik, dibutuhkan ketrampilan tertentu bagi seseorang untuk bisa melipat kertas menjadi bentuk-bentuk indah. Dulu semasa kecil saya dapat dengan mudah membuat lipatan kertas yang berbentuk burung bahkan lipatan kertas yang berbentuk katak...sangat indah. Tapi itu dulu, sekarang saya tidak ingat lagi bagaimana membuatnya; yang saya ingat dan sering saya lakukan sekarang hanyalah melipat-lipat kertas menjadi ukuran kecil. Mungkin anda sama dengan saya; melipat-melipat kertas menjadi ukuran kecil agar bisa masuk dompet?..ha..ha...(bisa catatan, bon, tagihan ataupun message).

Oke kembali ke anak kecil tadi yuk....,selang beberapa lama anak ini meletakkan kembali buku itu dan membaca-baca buku yang lain. Sudah hampir setengah jam sayapun mencari-cari buku, tapi belum menemukan buku yang saya butuhkan. Akhirnya saya memutuskan untuk menyudahi pencarian buku dan berniat pulang. Disaat melewati pintu keluar TOKO saya berpapasan dengan seorang wanita, sangat cantik; kelihatannya saya mengenalnya hanya saja saya ingat-ingat lupa.

Disela-sela ketertegunan, eh ternyata dia menyapa "Mas, apa kabar? masih inget saya ndak?"...lama saya mengamatinya, wah..ternyata dia kawan lama yang sudah berubah TOTAL penampilannya. Lebih modis dan sangat berbeda bertolak belakang dari sebelumnya. Kami mengobrol cukup lama dan karena sudah menjelang MAGRIB,maka kami memutuskan untuk melanjutkannya ngobrol dilain hari.

Anda pasti mengira saya sombong karena tidak mengenali kawan saya ; tapi keraguan untuk tidak mengenalinya cukup beralasan, karena dulunya DIA BERJILBAB!!!!, dalam percakapan kami sore itu dia sempat menyinggung alasan menanggalkan Mahkotanya karena PROFESI sambil menambahkan "Jangan khawatir aku masih sholat kok, masih punya IMAN", sembari tersenyum. Saya tidak habis pikir, begitu tipiskah IMANnya sehingga dia rela menanggalkan JILBABnya untuk meniti PUNCAK KARIR?. Padahal dahulu saya bisa melihat LIPATAN IMANNYA yang begitu TEBAL, tapi terakhir ini saya MELIHAT LIPATAN itu telah TERBUKA dan IMANnya telah TANGGAL!!! Sungguh sangat disayangkan...mungkinkah ini akibat dari PERGAULAN & LINGKUNGANNYA?..huff "who knows...."

GODAAN itu ibarat bakteri, dia mampu melipat gandakan dirinya dan MENGGEROGOTI IMAN. Berbanding terbalik dengan bakteri; IMAN tidak akan mampu MENGGEROGOTI GODAAN, dia hanya mampu MENANGKISNYA. GODAAN yang semakin berlipat mengharuskan kita MENINGKATKAN IMAN. Sayangnya IMAN tidak akan mampu MEREPLIKASI dirinya sendiri terkecuali apabila manusianya saja yang menginginkannya.

Saya kira hanyalah omong kosong jika ada orang yang dapat melakukan STMJ (Solat Terus Maksiat Jalan)..ha..ha. Kesimpulan ini bukanlah tanpa dasar, karena SHOLAT dan MAKSIAT adalah sesuatu yang BERTOLAK BELAKANG dan TIDAK akan pernah SEJALAN!!! Jika ada berani mencoba keduanya secara bersamaan, saya yakin 100% kemungkinan besar IMAN akan PATAH!!!.Sekalipun dapat bertahan, paling-paling tidak akan bertahan lama, karena BAKTERI itu akan SEMAKIN BERLIPAT seiring dengan BERJALANNYA waktu yang kemudian MENGGEROGOTI IMAN.

Jika rajin SHOLAT,keinginan untuk berMAKSIAT akan terkikis. Dan bila berMAKSIAT maka bisa dipastikan akan lupa SHOLAT!!! Mau contoh???? ORANG MABOK...mana mungkin ingat SHOLAT????...Oh iya jangan lupa, sekalipun anda rajin untuk SHOLAT, GODAAN akan terus MEREPLIKASI dirinya menjadi lebih besar dari sebelumnya!!! Jadi untuk mengcounternya yang harus kita lakukan adalah "LIPAT GANDAKAN IMAN!!!"

"Emangnya mudah melipat gandakan iman???"....."memang nggak mudah sih". Sangat sulit; sulit seperti halnya anak kecil yang MELIPAT DUA SELEMBAR KERTAS; LIPATAN pertama sangat sangat mudah, LIPATAN kedua lumayan mudah, LIPATAN ketiga mudah....dan sampai diLIPATAN ketujuh akan terasa SULIT, dibutuhkan NIAT EKSTRA untuk melipatnya!!!. Saya yakin anda bisa, "lha wong melipat-melipat kertas BON TAGIHAN ukuran kecil agar bisa masuk dompet aja bisa, masak ini ndak bisa????ha...ha..ha"

Catatan Kaki :


Cobalah Lipat Kertas menjadi 2 ; Lipat lagi, lagi dan lagi. Bertambahnya LIPATAN, akan membuat anda menambahkan tenaga lebih besar untuk membuat LIPATAN selanjutnya. Demikian juga dengan IMAN, memang sangat sulit untuk MELIPATNYA; tapi dengan bertambahnya LIPATAN akan sangat sulit bagi siapapun untuk MEROBEKNYA!!!


17 comments:

  1. Pilu bila kita lihat hal begini Mas. Namun sekarang seolah sudah lumrah.
    Bahkan ada yang rela MELIPAT IMANnya supa kelihatan cantik.
    Masya Allah....

    ReplyDelete
  2. iya maksudnya,,,,membuka LIPATAN IMAN supaya kelihatan cantik....sayapun agak merasa kurang sreg apabila ada hal semacam ini, kalau diingatkan malah menyahut "emang lo siapanya gue?"...jadi gak bisa ngomong lagi deh...huff

    thanks udah koment ya...

    ReplyDelete
  3. Betul sekali sahabat... kertas semakin banyak dilipat semakin kuat... Begitu juga dengan iman semakin kita tambah, tambah dan tambah lagi kelipatannya...Insya Allah tak akan goyah akan kehidupan & kemewahan Dunia.

    “Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian”

    Trims atas ceritanya, semoga suksess n tetap semangat

    ReplyDelete
  4. beuh dahsyat kang artikelnya... setuju saya dengan melipatgandakan iman.. (semoga saya bisa.. amiin)

    oh ya, linknya sudah saya add kang.. ditunggu backlinknya yaaa... :D

    ReplyDelete
  5. satu lagi yang kunantikan datang juga. sebuah filosofi keimanan. pengobat kegetiran 4 hari yang lalu buat cah ndeso akibat didepak dari webhost.

    mangkacih Kang Artha. Tapi ngemeng2 saya juga pengen KOMPLAIN soal tukar link :D Boleh kan? Link-e Cah Ndeso/Blog Muria kok lom nongol di blogroll-e Kang Artha to? Di Blog Muria, Kang Artha sudah nongol link-e :D

    makasih banyak jika komengtar saya kebanyakan dan banyak yang ngawur. mPIISSSS

    ReplyDelete
  6. @ tupai tambun dan Cah ndeso Link sudah saya masukkan,,thanks sudah berkunjung dan memberikan koementar

    ReplyDelete
  7. Artikel yang menarik dan menambah keimanan ..

    Semoga keimanan kita saya makin bertambah dan bertambah ... memang benar SHalat dan Maksiat itu bertolak belakang ... dengan Shalar insyaAllah maksiat mudah kita hindari ..

    ReplyDelete
  8. Cuman mo ngasih tahu sama Kang Artha. ADA AWARD UNTUK KANG ARTHA Mohon diambil ya? :D

    ReplyDelete
  9. memang susah untuk menghadapi godaan terhadap iman kita

    ReplyDelete
  10. Ya, siapa tau.
    Mungkin itu karena keadaan.
    atau karna keterpaksaan atas dasar dirinya sendiri, bisa juga orang lain.
    Ya, asal kan kita tetap menjaga IAN kita sebagai seorang muslim.

    ReplyDelete
  11. Terimakasih atas respon dan pencerahannya

    ReplyDelete
  12. kita harus kuat atas iamn kita ya biar tidak boyar...

    ReplyDelete
  13. beuh dahsyat kang artikelnya... setuju saya dengan melipatgandakan iman.. (semoga saya bisa.. amiin).........

    ReplyDelete
  14. luar biasa banget tulisannya mas,, membuat merinding bacanya,,,

    ReplyDelete

Para Pembaca yang baik, mohon meninggalkan pesan agar saya dapat mengunjungi anda balik,

Followers