Saturday, September 12, 2015

Membuat Website menggunakan Wordpress [Bag 1]

10 Bulan yang lalu Pak Dekan merekomendasikan saya kepada salah seorang rekan-nya sesama dosen/dokter. Dia merekomedasikan saya untuk membuat website. Website yang ingin dibangun adalah membuat website komersial (bukan blog) yang diperuntukkan untuk event meeting dibidang kedokteran. Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah sehingga mau tidak mau harus membangun website event meeting ini. Saya sendiri pribadi merasa bingung karena belum ada gambaran yang jelas mengenai kontennya, karena beliau ini hanya menggambarkan secara umum apa yang akan dibuat. Dan setelah beliau menunjukkan sebuah contoh website komersial yang telah dibuat oleh negara lain (eropa), saya menjadi mengerti ternyata tidak begitu sulit.


Untuk membuat sebuah website komersial yang paling sederhana, paling tidak ada 3 hal yang harus anda penuhi yaitu domain, hosting dan Platform CMS.


Step#1. Membuat Website musti punya Domain
Sebuah domain atau URL adalah sebuah alamat yang sangat dibutuhkan untuk membuat website. Domain ini merupakan identitas sebuah website. Contoh nama sebuah domain, misalnya adalah kangartha.com . Anda bisa membeli domain ini di penyedia domain yang tersebar di internet. Tempat Penyedia domain yang paling populer dan murah adalah namecheap.com, namun jika anda tidak fasih berbahasa inggris dan tidak mempunyai Paypal ataupun kredit card, anda bisa membelinya di lokalan saja, karena banyak penyedia domain di indonesia yang cukup dapat dipercaya, misalnya saja, saya membeli domain kangartha.com di IdWebhost.com. Adapun harga domain bervariasi mulai dari 100 hingga 500 ribuan per tahunnya.


Step#2. Membuat Website musti punya Hosting
Setelah domain terbeli, waktunya anda membeli hosting. Hosting adalah suatu tempat dimana anda meletakkan seluruh data (gambar, tulisan bahkan data sistem). Hosting dapat diartikan sebagai sebuah gelas yang menampung air, air dapat diibaratkan sebagai data. Ada yang gratisan, ada yang berbayar. Saya tidak membahas yang gratisan disini , tapi jika low budget, anda dapat membangun situs anda di Blogspot.com atau wordpress.com dan menghubungkannya dengan domain yang anda beli. Untuk yang berbayar harganyapun macam-macam dari yang seharga 300 ribu hingga jutaan per tahunnya. Harga bergantung dengan Space, Bandwith, Kecepatan dll. Untuk seorang Newbie yang sedang belajar untuk membuat website komersial tidak ada salahnya membeli hosting berbayar yang didalamnya sudah ada tools yang user friendly, misalnya CPANEL. Oh iya biasanya penyedia hosting juga menyediakan domain atau sebaliknya, sehingga anda hanya perlu membeli hosting dan domain dari 1 provider saja.

Step#3. Membuat Website Menggunakan WordPress
Hal pertama yang ada dikepala saya ketika membangun atau membuat website adalah menggunakan Platform WordPress. Platform wordpress yang dimaksud adalah menggunakan CMS (Content Management System) WordPress yang di install pada hosting. Caranya sebenarnya sangat mudah dengan mendownload CMS ini di https://wordpress.org/download/ dan menguploadnya ke-hosting menggubakan FTP. Namun bila anda telah melaksanakan Step#1 dan Step#2 yang berbayar maka cara menginstal Platform wordpress menjadi lebih mudah, karena didalam CPANEL ada tool untuk install wordpress hanya dengan 1 klik saja

Login Ke Cpanel >> Software/Service >> Quick Install >> Popular Install >> WordPress >> Install WordPress

Nah tinggal ikutin saja perintahnya setelah itu maka domain anda akan terinstall Platform wordpress dan anda tinggal mengikutinya saja.

Bagi yang sudah mempunyai basic ilmu IT, sangat mudah untuk menjalankannya ketika membaca penjelasan diatas, namun pada kenyataannya masih ada yang bingung  , terutama pada hal yang bersifat technical, bukannya tidak bisa melainkan karena tidak ada waktu untuk menjalankannya dan terlalu ribet.

Hal ini selalu saya alami dihampir semua klien saya yang usianya diatas 40 tahun, “pokoknya terima beres mas…, pokoknya mas yang ngurus deh, nanti perkara konten dan layout nanti kita bicarakan bareng”  , jadi semuanya saya yang ngurus bahkan ketika masa kontrak domain dan hosting habis musti telpon untuk mengingatkan  .

Selengkapnya >>>

No comments:

Post a Comment

Para Pembaca yang baik, mohon meninggalkan pesan agar saya dapat mengunjungi anda balik,

Followers