Friday, September 14, 2012

iPhone 5 : Ponsel Kecil Tipis Langsing

Apple telah resmi meluncurkan iPhone 5 di Yerba Buena Center for the Art, San Francisco. Perusahaan tersebut menyebut iPhone generasi terbaru ini sebagai sebuah “perhiasan”.

Kehadiran iPhone 5 bukan diumumkan langsung oleh CEO Apple Steve Jobs, melainkan Senior Vice President of Worldwide Marketing yakni Phil Schiller. "Setiap tahun kami menetapkan hal baru dengan iPhone baru, dan kami akan melakukannya lagi hari ini yaitu iPhone 5," kata Schiller.

Bagi anda yang ingin tahu sekilas tentang iPhone 5 berikut adalah preview dan reviewnya :

Lebih Langsing, Lebih Tipis dan Metal Back Cover
Gambar : Taken from CNET 

Seperti yang diharapkan, iPhone baru ini memang benar lebih tipis sekitar 18 persen  dibandingkan dengan iPhone 4S. Apple mengatakan bahwa ini adalah handset tertipis yang pernah ada. Karena tipis maka ini berarti juga 20 persen lebih ringan dengan total berat sekitar 3,95 ons. Display Retina-pun mengembang dari 3,5 inci (ukuran iPhone asli) menjadi 4 inci. Total resolusi tetap sama, meskipun pada 326 piksel per incinya. Hitungan pixel total sekitar 1.136 x640 dan pada iPhone5 ini memiliki rasio aspek 16:9.

Pada iPhone 5 ini sensor sentuhnya sekarang diembed ke dalam layar itu sendiri, inilah yang akhirnya membuatnya 30 persen lebih tipis, kabar baiknya adalah Iphone 5 ini rentan terhadap silau.

IPhone 5 juga memperbaiki cacat desain yang sebelumnya ada pada iPhone 4. Pihak Apple mengganti bagian belakang dari Iphone yang dulunya sebagian terbuat dari kaca dengan sebagian besar terbuat dari logam. Hal ini memang dilakukan karena banyak masukan dari konsumen yang mengutarakan  iPhone 4 atau 4S mudah retak ketika jatuh.

Lebih Cepat dari iPhone 4
iPhone 5 mengembed chip A6, dimana chip ini menawarkan kecepatan dua kali lebih cepat dari chip A5 seperti yang sudah ada saat ini. Hal ini tentu saja akan membuat grafisnya juga melaju kecepatannya. Namun, meskipun mempunyai kinerja lebih cepat, ternyata chip baru ini akan 22 persen lebih kecil dari A5. Singkatnya adalah ketika kita browsing maka seorang pengguna akan melihat halaman Web melaju 2,1 kali lebih cepat, serta aplikasi musik yang berisi dengan lagu-lagu akan memuat 1,9 kali lebih cepat.
Gambar : Taken from CNET

Baterai tahan hingga 225 Jam 
Jika kita menggunakan iPhone dengan network 3G maka ketahanan baterai sampai 8 jam jika digunakan menelpon ataupun browsing, dan jika menggunakan Wi-Fi browsing bisa bertahan sampai 10 jam. Bisa bertahan 10 jam dalam memutar video, 40 jam pemutaran musik, dan 225 jam dalam kondisi stand-by.

Mengambil Foto sambil Shooting Video 
Gambar : taken from CNET

Pada iPhone 5 kamera utama "iSight" nya tetap  pada 8 megapiksel (dengan resolusi terbaik menjadi 3.264 x2, 448 piksel) dengan daftar fitur yang mencakup backside illumination, IR hybrid filter, lensa lima elemen, dan f2 .4 aperture. Yang baru pada kameranya adalah dynamic light modes-nya dimana hal ini mampu membuat kita meluncurkan aplikasi fotografi hingga 2,1 kali lebih cepat. Tambahan lainnya adalah adanya "image sinyal processor" pada chip A6 yang berfungsi mampu mengurangi kebisingan spasial dan "smart filter"-nya yang mampu menghasilkan gambar yang baik meski pada cahaya rendah dan mampu menangkap foto lebih cepat. Menariknya , ada fitur mode built-in panorama yang dapat menggabungkan gambar dalam satu foto besar 28-megapixel.

Kamera depan (kamera sekunder) pada iPhone 5 ini sekarang dapat merekam video HD 720p dengan bantuan sensor yang ada dibagian belakangnya. Resolusi video 1080p HD tetap ada dengan stabilisasi gambar yang juga telah diperbaiki dan deteksi wajah sekarang telah tersedia di klip hingga untuk 10 orang. Sebuah langkah yang baik telah dilakukan oleh iPhone 5, dimana kita dapat mengambil foto saat kita sedang mengambil gambar video.

Perangkat Audio 
Untuk perangkat audio, IPhone 5 menambahkan 3 buah mikrofon. Mikrofon ini terletak di bawah, di bagian depan handset, dan satu lagi di sisi bagian samping. iPhone sepertinya memang layak dimiliki oleh reporter, terutama reporter yang  mewawancarai pembicara yang lebih dari 2, atau iPhone ini cocok merekam pembicaraan dalam suasana meeting. Fitur lain yang tidak kalah hebat adalah adanya fitur "wideband audio"  dimana ini mampu membuat suara yang terdengar lebih alami (tidak cempreng). Namun fitur ini akan bisa dipakai jika operator telponnya mendukung "audio wideband", dan sejauh ini operator ponsel di Indonesia belum ada yang menerapkan layanan ini.

Dock connector berukuran kecil
Gambar : Taken from CNET

Pada bagian bawah iPhone 5, ada dock connector baru yang berukuran lebih kecil. Connector yang bernama "Lightning," ini memiliki desain serba digital, ada 8 sinyal dan "interface adaptif" .Interface ini berukuran 80 persen lebih kecil dan  reversibel.

Dengan adanya dock connector baru maka tentu saja akan membuat charger dan aksessories lama kita terlihat usang karena tidak dapat dipakai dan bisa jadi ini memang strategi apple untuk menawarkan kabel adaptor dan adaptor yang konon harganya berkisar dari $ 19 sampai $ 39.

Konektor yang lebih kecil mungkin menjadi langkah cerdas untuk masa depan, namun menempatkan dock interface dan konektor dibagian bawah sebuah iPhone bukanlah hal yang umum. Sebuah konektor yang lebih kecil membantu mencukur ruang ekstra untuk mencapai ponsel yang lebih kecil dengan mungkin baterai yang lebih besar. Kabel konektor baru ini nantinya akan digunakan untuk sinkronisasi dan charging oleh kebanyakan orang yang memiliki Apple TV atau Bluetooth / aksesoris AirPlay.

Sistem Operasi iOS 6 
Pada debut iPhone 5, iOS 6  sudah akan terpasang onboard. Ada beberapa  highlights yang terpasang diantaranya termasuk app Apple Maps versi baru, Passbook, shared photo streams, Siri updates, and the aforementioned FaceTime  melalui 3G. Untuk lebih lanjut tentang update Apple iOS 6 akan tersedia untuk di-download Rabu depan 19 September 2012.

Tanggal rilis dan harga 
IPhone 5 akan tersedia dalam tiga model kapasitas, semua yang akan datang dalam versi hitam dan putih. 16GB dibandrol $ 199, yang $ 299 32GB, dan 64GB sekitar $ 399. Pada tanggal 21 September nanti, Iphone 5 akan mulai dijual di sembilan negara: Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, Perancis, Australia, Jepang, Hong Kong, dan Singapura.

Catatan Kaki :
Semoga dengan nulis ini saya juga akan mendapat gadget ini, amiinnn :)

6 comments:

  1. aamiin tak dongakne mas...biar dapet gadget itu
    aq malah masih pake hp jadul hitam putih warna layarnya hehe
    tp hp ku banyak kenanganya

    ReplyDelete
  2. berarti iphone type lamanya ada peluang untuk turun harga ya :)

    ReplyDelete
  3. neng popon 1-4 aja blm punya udah sy yg ke-5 lagi :D

    ReplyDelete
  4. nice post :)
    ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

    ReplyDelete
  5. Hihii. kalo saya sudah kesengsem sama saingannya Mas. :P

    ReplyDelete
  6. weh mantap mantap , ngak sangup belinya tuh

    ReplyDelete

Para Pembaca yang baik, mohon meninggalkan pesan agar saya dapat mengunjungi anda balik,

Followers