Friday, May 16, 2008

"tidak lebih kuat daripada saya"

Seperti biasa pagi ini saya selalu bangun pagi ketika dengar suara adzan subuh, yah maklum rumah dekat sama masjid dan alunan ayat al-Qur'an selalu mengalun di HP-ku sebagai tanda alarm untuk salat subuh....

Akhir akhir ini memang tanpa kusadari entah kenapa aku sering salat berjamaah walaupun dulu jarang.....yang masih teringat dalam benak saya adalah saya melihat orang yang "tidak lebih kuat daripada saya" selalu datang ke masjid dengan jarak rumah yang cukup jauh...dan dia selalu datang ke masjid dengan jalan kaki.

yang saya maksud dengan "tidak lebih kuat daripada saya" adalah dia ternyata menderita sakit, dia akan merasa kesakitan jika dia menekuk kakinya atau berjalan dengan jarak yang cukup jauh....

ketika salat berjamaah dengannya kadang2 aku melirik ketika dia ada disampingku, dia seperti meringis menahan rasa sakit ketika duduk "tawaruk dan iftirasy". Saya tidak tahu dia sakit apa, tapi melihat usahanya untuk salat seperti halnya orang biasa dan menahan rasa sakit adalah hal yang luar biasa....

bisa dibayangkan, ketika orang duduk tawaruk/iftirasy (dalam salat) bagian pangkal paha kiri biasanya bertumpu pada kaki/lantai, tapi tidak dengan si bapak ini...dia tidak bisa duduk tawaruk/iftirasy jadi dia dalam posisi tawaruk/iftirasy tapi tidak sedang duduk, pangkal paha-nya tidak menempel pada lantai/kaki tapi terangkat ke atas dan dia meringis (seperti menahan sakit). Dan bisa dibayangkan ini terjadi tiap kali dia salat..seisi masjid pernah menegurnya agar salat dengan selonjor saja tapi dia bilang bahwa dia masih kuat...subhanallah...

terlebih setelah selesai salat dia selalu berkeringat, terlihat letih mungkin karena menahan posisi duduknya...

mungkin hal inilah yang membuatku "tidak ingin kalah" dalam berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala kalau orang seperti ini bisa kenapa saya yang masih sehat merasa enggan?

oleh karenanya, selagi saya bisa saya mencoba untuk berjamaah di masjid..walaupun mata serasa ngantuk dan begadang bekerja semalaman...

No comments:

Post a Comment

Para Pembaca yang baik, mohon meninggalkan pesan agar saya dapat mengunjungi anda balik,

Followers